5 Alasan Mengapa Kartu Debitmu tidak Berfungsi

22 May 2024

  • Share

Kawan PRIMA, untukmu yang rutin menggunakan kartu debit dalam bertransaksi pernahkah mengalami kendala dan kamu tidak tahu apa penyebabnya? Sebagai alat pembayaran berbasis kartu, kartu debit menjadi aspek penting dalam kehidupan sehari-hari.

Keunggulan dari kartu ini adalah; memungkinkan kita untuk melakukan transaksi non-tunai dengan mudah dan cepat baik di mesin EDC maupun transaksi di ATM. Namun terkadang beragam kendala mungkin saja terjadi saat menggunakan fitur transaksi ini. Nah, kira-kira kendala apa yang mungkin ditemukan dan apa solusinya? Berikut lima (5) daftar yang sudah dirangkum oleh Jaringan PRIMA:

 1. Kartu Kadaluarsa

Salah satu alasan paling umum adalah kartu debit yang telah kadaluarsa. Biasanya, kartu memiliki tanggal kadaluarsa yang tercetak di bagian depan atau belakang kartu. Jika kartu telah melewati tanggal tersebut, bank akan memblokirnya untuk transaksi demi keamanan.

Untuk mencegah hal ini, Kawan PRIMA bisa menghubungi pihak bank penerbit kartu sebelum masa tenggat kartu berakhir untuk melakukan perpanjangan.

 2. Limit Transaksi Harian

Setiap bank memiliki limit transaksi hariannya masing-masing dan tergantung jenis kartu. Pastikan kamu selalu update informasi limit transaksi harian dari kartu debit yang kamu miliki Nah, apabila Kawan PRIMA tidak bisa melakukan transfer, bisa jadi Kawan PRIMA telah mencapai limit transaksi dari kartu debitmu.

Solusinya bisa menghubungi bank untuk mengubah limit atau menunggu hari esoknya agar bisa kembali bertransaksi.

3. Salah memasukkan PIN

Sama seperti limit transaksi, setiap bank punya kebijakan masing-masing terkait salah PIN. Misalnya BCA yang akan otomatis melakukan blokir apabila kamu salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali. Nah apabila kartu debitmu diblokir apa sih yang harus dilakukan? Bagi nasabah BCA kamu bisa mengikuti tahap-tahap di laman ini. Atau mengikuti skema pelaporan blokir kartu dari bank masing-masing.

4. Saldo tidak mencukupi

Kartu debit hanya dapat digunakan jika saldo yang tersedia mencukupi untuk melakukan transaksi. Jika saldo tidak mencukupi, transaksi akan ditolak. Pastikan untuk selalu memeriksa saldo Anda sebelum melakukan transaksi.

 5. Kartu rusak atau tidak terbaca

Hal yang cukup lazim terjadi adalah kartu debit yang rusak akibat pemakaian seperti tergores atau terkelupas. Meskipun masa aktifnya masih panjang, kendala ini dapat membuat kartu debitmu susah terbaca oleh mesin EDC di berbagai merchant atau pada mesin ATM. Solusinya adalah kamu bisa meminta penggantian kartu kepada bank penerbit untuk menghindari kendala kartu tidak terbaca saat melakukan transaksi.

 

Nah kira-kira itu dia alasan-alasan yang mungkin Kawan PRIMA temukan saat menggunakan kartu debit. Namun tidak perlu khawatir karena solusinya pun bisa segera ditemukan dengan cepat dan aman. Kawan PRIMA bisa mendatangi langsung kantor cabang atau menghubungi call center dari bank penerbit kartu.

berita lainnya

Wakil Direktur Utama PT. Rintis Sejahtera, Bapak Suryono Hidayat menyerahkan penghargaan 20th Years Appreciation Customer Loyalty Award kepada Bapak Irianto - Plt Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah, dalam acara Customer Loyalty Awards Jaringan PRIMA, Senin, 24 Juni di Bank Jateng, Semarang... Selengkapnya >
Fitur tarik tunai tanpa kartu atau Cardless Cash Withdrawal (CCW) yang dapat dilakukan oleh nasabah melalui aplikasi mobile banking mereka.... Selengkapnya >
Meskipun sudah 48 juta masyarakat Indonesia terhubung dengan QRIS namun kita masih dihadapi dengan pertanyaan oleh merchant seperti “QRIS-nya pakai apa kak?”... Selengkapnya >