4 Cara Sederhana Rayakan International Women’s Day

8 March 2022

  • Share

Kawan PRIMA, tanggal 8 Maret diperingati sebagai International Women’s Day atau Hari Perempuan Sedunia. Tahun ini, dunia serempak mengangkat tema #BreakTheBias. Makna dari tema tersebut yakni melawan ketidaksetaraan, bias dan stereotip terhadap kaum perempuan yang hingga saat ini diyakini masih terjadi.

Sebelumnya perayaan International Women’s Day dilakukan dengan menggelar aksi di jalan. Namun mengingat pandemi Covid-19 masih melanda dunia, perayaan dengan cara seperti itu tentunya kurang bijak untuk dilakukan. Jika kamu ingin tetap mendukung Hari Perempuan Sedunia, kamu tetap bisa melakukan sesuatu dengan cara sederhana dari rumah, diantaranya:

 

1. Belajar Tentang Sejarahnya

Jika sebelumnya kamu tidak terlalu aware atau familiar dengan perayaan ini, kamu bisa terlebih dulu melakukan riset kecil-kecilan mengenai sejarah Hari Perempuan Sedunia. Kamu bisa mencari tahu kapan gerakan ini dimulai, mengapa negara-negara di dunia mulai berpartisipasi, warna apa yang identik dengan gerakan ini, dan lain sebagainya. Informasi yang kamu dapatkan bisa juga menjadi bahan diskusi bersama teman ataupun orang sekitar.

 

2. Ikut Aksi di Media Sosial

Dikutip dari laman internationalwomensday.com, kamu baik perempuan maupun laki-laki bisa mendukung perayaan Hari Perempuan Sedunia dengan cara sederhana loh. Caranya dengan mengunggah foto diri sendiri maupun bersama teman di media sosial sambil menyilangkan tangan di dada. Jangan lupa untuk menyertakan tagar #IWD2022 #BreakTheBias pada postingan tersebut. Aksi ini diharapkan bisa mengajak lebih banyak orang untuk memerangi ketidaksetaraan terhadap perempuan.

 

3. Mendukung Bisnis Milik Perempuan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam mendukung perayaan Hari Perempuan Sedunia. Salah satunya dengan mendukung bisnis atau usaha kecil yang didirikan perempuan. Dukungan bisa dilakukan dengan membeli produk yang mereka tawarkan atau bisa pula dengan membantu mengiklankan usaha mereka di media sosial milikmu. Mendukung usaha yang didirikan perempuan sama saja mendukung pemberdayaan perempuan.

 

4. Mengikuti Diskusi Secara Online

Hal lain yang bisa dilakukan di Hari Perempuan Sedunia adalah dengan menggelar atau mengikuti diskusi online bersama keluarga, sahabat, dan teman mengenai penghapusan ketidaksetaraan gender di Indonesia. Diskusi dapat menambah bahkan mengubah perspektif kamu terhadap isu-isu gender yang sedang terjadi. Dalam diskusi tersebut, kamu juga bisa mengusulkan langkah-langkah nyata yang bisa dilakukan dalam memerangi stereotip terhadap kaum perempuan.

 

Referensi:

Internationalwomensday.com

Kalderanews.com

Kompas.com

Fimela.com

berita lainnya

apa yang bisa kita lakukan agar bisa percaya diri saat berbicara dalam situasi genting... Selengkapnya >
Mental block merupakan kondisi psikologis yang menghambat seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan atau keterampilan tertentu... Selengkapnya >
Sebagai Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) atau lembaga switching yang mendukung terciptanya inklusi keuangan Indonesia, PT Rintis Sejahtera (Jaringan PRIMA) turut berpartisipasi dalam Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022, yang digelar pada 11-15 Juli 2022, di Bali... Selengkapnya >