3 Transportasi Andalan Masa Depan

14 June 2023

  • Share

Kawan PRIMA, alat transportasi terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Dahulu alat mobilisasi manusia lebih banyak digerakkan oleh hewan, seperti penggunaan delman dan pedati. Lalu secara perlahan beralih ke alat transportasi yang mengandalkan kekuatan manusia, diantaranya seperti sepeda dan becak. Setelah itu, dunia transportasi berevolusi berkat penemuan sepeda motor, mobil dan kereta api di sekitar abad ke-19.

Kini era globalisasi telah banyak menginspirasi para ahli di dunia transportasi, khususnya dalam menghadirkan berbagai kendaraan canggih. Teknologi fiksi yang sebelumnya kita anggap sebagai khalayan karena hanya dapat disaksikan di film-film hollywood, perlahan menjadi kenyataan dan digunakan sebagai transportasi masa depan. Berikut ini adalah 3 moda transportasi yang akan menjadi andalan di masa depan.

  1. Autonomous

Autonomous atau mobil tanpa sopir merupakan salah satu inovasi yang sedang dikembangkan di dunia otomotif. Di Inggris, konsep driverless ini bahkan sudah mulai diterapkan. Salah satu perusahaan di Inggris bernama Imperium Drive, baru-baru ini menawarkan layanan sewa mobil tanpa sopir. Untuk menikmati layanan tersebut, pengguna dapat melakukan pemesanan lewat aplikasi dengan mengatur titik keberangkatan dan tujuan. Dalam pengoperasiannya, mobil tersebut dikendalikan oleh sopir dari jarak jauh dengan memanfaatkan streaming data melalui jaringan komunikasi nirkabel 4G dan 5G.

Inovasi mobil tanpa sopir tersebut diprediksi akan menjadi transportasi andalan di masa depan. Konsep autonomous bahkan juga rencananya akan menjadi kendaraan resmi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

  1. Electric Plane

Berbagai perusahaan penyedia alat transportasi kini sedang ramai-ramai memproduksi kendaraan ramah lingkungan atau Eco Friendly Transportation. Tidak sekadar mobil dan motor, atau kendaraan darat saja. Kini pesawat listrik juga sudah mulai diuji terbang. Satu prototipe pesawat terbang listrik buatan perusahaan startup Eviation sudah menjalani uji terbang di Amerika Serikat tahun lalu. Ini merupakan pesawat pertama di dunia yang digerakkan oleh listrik. Pesawat tersebut dibekali 21.500 sel baterai, yang mirip dengan sel baterai yang terdapat pada mobil listrik.
Dalam proses uji coba, pesawat listrik tersebut berhasil mengudara selama 8 menit. Hasil ini dianggap menjadi bukti bahwa pesawat terbang listrik memiliki masa depan. Bahkan Eviation sebagai perusahaan terdepan yang mengembangkan pesawat terbang listrik telah membuka pemesanan unit dan akan melakukan pengiriman pada tahun 2026.

  1. Hyperloop

Dalam beberapa tahun terakhir, rekor kereta api tercepat dipegang oleh Shinkansen seri L0. Kereta tersebut mampu melaju hingga 601 kilometer per jam (kwh). Rekor ini tampaknya akan segera bergeser setelah CEO Tesla yakni Elon Musk, mengusung teknologi hyperloop. Konsep terobosan kereta cepat ini sedang dikembangkan oleh para ahli. Hyperloop sendiri digadang-gadang mampu mencapai kecepatan hingga 1.200 kwh atau 2 kali kecepatan Shinkansen. Selain itu, penggunaan hyperloop juga diklaim ramah terhadap lingkungan karena lebih sedikit menimbulkan polusi.

Referensi:

Detik.com

Liputan6.com

Grid.id

Republika.co.id

berita lainnya

Dengan memanfaatkan QRIS sebagai alat pembayaran, wisatawan Thailand akan merasakan berbagai manfaat seperti keamanan dalam pembayaran... Selengkapnya >
Di Indonesia metode pembayaran menggunakan QR dikenal akrab dengan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), namun di luar negeri tentu nama QRIS tidaklah akrab oleh warga lokal di sana.... Selengkapnya >
Kawan PRIMA bisa merasa lega karena dibanding dua tahun lalu, peningkatan merchant QRIS mulai bertambah secara masif di seluruh Indonesia, sehingga kamu tidak perlu khawatir saat bepergian ke luar kota dan tidak menemukan merchant yang menyediakan QRIS. ... Selengkapnya >