Mengenal QR Code

15 August 2019

  • Share

Apa Itu QR Code?

Seringkali saat bertransaksi dengan dompet digital, kita melakukan scan pada QR Code. Bukan sembarang kode, QR Code mampu mempercepat dan mempermudah proses transaksi. Adanya QR Code menunjang transaksi cardless yang kini digaungkan di mana-mana. Sebenarnya apa itu QR Code dan bagaimana cara kerjanya?

QR Code adalah kode matriks atau barcode dua dimensi yang berasal dari kata “Quick Response”, dimana isi kode dapat diuraikan dengan cepat dan tepat. QR Code dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah perusahaan Jepang yang dipublikasikan di tahun 1994. Dibandingkan dengan kode batang biasa, QR Code lebih mudah dibaca oleh pemindai dan mampu menyimpan data baik secara horizontal maupun vertikal.

QR Code memiliki dua jenis, yaitu Static QR Code dan Dynamic QR Code. Apa bedanya ya Kawan PRIMA? Ternyata, Static QR Code adalah QR Code yang berisi tautan ke halaman web yang tetap. Penggunaan Static QR Code menyebabkan konten QR Code tidak dapat diubah. Sedangkan, Dynamic QR Code adalah QR Code berisi sebuah URL singkat yang kemudian dialihkan ke halaman web yang lain. Penggunaan Dynamic QR Code menyebabkan QR Code dapat diubah dan digunakan ulang terus menerus.

QR Code bekerja dengan cara membaca beberapa komponen pada kotak kode. Tiga kotak besar di setiap sudutnya menggambarkan pembatas kode. Sedangkan kotak yang lebih kecil berguna untuk mengukur besar kotak. Beberapa komponen yang ada di tengah kode adalah pola waktu, data informasi, dan nomor versi. Area-area ini dibaca oleh scanner dan diproses datanya sehingga QR Code berfungsi. Perlu diingat, QR Code tidak hanya terbatas fungsinya pada pembayaran saja, namun juga dapat digunakan untuk instrument lain. Dalam hal ini, QR Code berfungsi sebagai interface platform.

Kini, Indonesia memiliki standar QR Code-nya sendiri yang terwujud dalam Quick Response Indonesia Standard (QRIS). Dengan dirilisnya standardisasi itu, maka semua transaksi QR Code dalam negeri wajib mengacu pada aturan Bank Indonesia tersebut. Menariknya, nanti implementasi QRIS bisa dilakukan melalui Jaringan PRIMA lho. Canggih sekali bukan, Kawan PRIMA? Yuk, nantikan hadirnya QRIS dan jangan lupa gunakan ya!

 

BERITA TERKAIT:

Mengenal Lebih Dekat Gerbang Pembayaran Nasional GPN

Dari Cashless Hingga Cardless, Transformasi Pembayaran di Masa Depan

 

REFERENSI:

SOCS Binus

CNN Indonesia

Kontan

berita lainnya

Kawan PRIMA, sebagai konsumen yang cerdas kita perlu memperhatikan berbagai aspek dalam bertransaksi menggunakan uang elektronik. Berikut 3 (tiga) hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan transaksi uang elektronik...... Selengkapnya >
Menyikapi perkembangan penyebaran virus corona, World Health Organization (WHO) mengimbau masyarakat agar dapat menerapkan contactless payment. Namun jika memang harus menggunakan uang tunai, segeralah mencuci tangan dengan bersih setelah menyentuh uang tunai...... Selengkapnya >
Munculnya kasus corona di Indonesia menciptakan urgensi tersendiri untuk masyarakat Indonesia, mulai dari naiknya harga masker dan hand sanitizer, penimbunan bahan makanan, hingga beredarnya hoax di masyarakat. Berikut mitos dan fakta seputar virus corona yang perlu Kawan PRIMA ketahui:... Selengkapnya >