Mengenal Lebih Dekat Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)

2 August 2019

  • Share

Kawan PRIMA, akhir 2017 silam kita mulai mengenal istilah Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Hingga pada 3 Mei 2018, kartu ATM/Debit berlogo GPN secara resmi dapat digunakan oleh masyarakat. Yuk Kawan PRIMA, kita berkenalan lebih dekat dengan GPN!

GPN adalah suatu sistem yang mengintegrasikan berbagai kanal pembayaran transaksi elektronik atau non tunai. Bank Indonesia meluncurkan GPN sebagai wujud interkoneksi dan interoperabilitas sistem pembayaran nasional. Dengan kata lain, seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati layanan transaksi elektronik yang aman, andal, dan terpercaya.

GPN memiliki beberapa manfaat, baik untuk nasabah pemegang kartu maupun merchant. Berikut ini adalah beberapa manfaat GPN bagi nasabah:

  • Satu kartu ATM/Debit milik nasabah, dapat digunakan di semua mesin EDC yang ada di seluruh Indonesia.
  • Nasabah tidak dikenakan biaya tambahan oleh
  • GPN menawarkan kenyamanan dan kemudahan berbelanja karena nasabah tak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar.

Sedangkan bagi merchant, manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Satu mesin EDC untuk semua kartu. Dengan GPN, merchant tidak perlu lagi mempunyai banyak mesin EDC di kasir, karena satu mesin EDC dapat menerima transaksi dari berbagai kartu ATM/Debit dari seluruh bank di Indonesia.
  • Standarisasi Merchant Discount Rate (MDR). Merchant mendapatkan kepastian dan diuntungkan dengan adanya regulasi tentang besaran MDR yang lebih murah dibandingkan sebelum adanya GPN.
  • Cash handling yang lebih efektif. Contohnya seperti menghindari risiko uang palsu dan pencurian.
  • Pangsa pasar yang lebih luas.

GPN merupakan wujud rasa nasionalisme terhadap bangsa. Dengan GPN, seluruh transaksi domestik dapat diproses di dalam negeri, sehingga memangkas jumlah transaksi pembayaran domestik yang selama ini dilakukan via switching luar negeri hingga Rp 17,7 miliar per hari.

Setelah implementasi kartu ATM/Debit berlogo GPN, selama Oktober 2017 hingga Juni 2018, tercatat ada 24 juta transaksi menggunakan kartu ATM/Debit berlogo GPN. Nilai transaksinya mencapai Rp 11,58 triliun. Wah, ternyata dengan penggunaan kartu GPN, kita sudah turut memberikan sumbangsih terhadap negara lho Kawan PRIMA. Jadi, kamu sudah mengganti kartu ATM/Debit-mu ke kartu berlogo GPN belum?

 

BERITA TERKAIT:

https://www.jaringanprima.co.id/id/gerbang-pembayaran-nasional-gpn

https://www.jaringanprima.co.id/id/manfaat-gpn-untuk-merchant

https://www.jaringanprima.co.id/id/manfaat-gpn-untuk-nasabah

 

REFERENSI:

https://www.bi.go.id/id/ruang-media/siaran-pers/Pages/sp_199071.aspx

https://finansial.bisnis.com/read/20190115/90/878824/gerbang-pembayaran-nasional-tarif-mdr-jadi-ganjalan

https://www.kominfo.go.id/content/detail/13696/mengenal-lebih-jauh-gpn-masa-depan-transaksi-di-indonesia/0/sorotan_media

https://jpp.go.id/2-keuangan/320598-mensos-kartu-berlogo-gpn-bentuk-nasionalisme-bangsa

https://keuangan.kontan.co.id/news/menakar-plus-minus-gerbang-pembayaran-nasional

berita lainnya

Kawan PRIMA, dalam mewujudkan kemajuan arus ekonomi digital yang kondusif, Bank Indonesia menetapkan lima visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025.... Selengkapnya >
Kawan PRIMA, akhir 2017 silam kita mulai mengenal istilah Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Hingga pada Mei 2018, kartu ATM/Debit berlogo GPN ini secara resmi dapat digunakan oleh masyarakat. ... Selengkapnya >
Di era technology disruption kini, setiap industri harus siap bergerak menghadapi perubahan-perubahan yang dinamis.... Selengkapnya >