Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)

6 April 2018

  • Share

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)

adalah suatu sistem yang mengintegrasikan berbagai kanal pembayaran yang memfasilitasi transaksi elektronik atau transaksi non tunai. Dengan interkoneksi dan interoperabilitas, GPN memungkinkan transaksi elektronik dapat digunakan seluruh masyarakat Indonesia, sehingga masyarakat dapat menikmati layanan transaksi elektronik yang aman, berkualitas, dan efisien.

Latar Belakang GPN

Saat ini, kondisi ekosistem sistem pembayaran ritel domestik relatif kompleks dan cenderung terfragmentasi sebagai akibat belum optimalnya interkoneksi dan interoperablitas. Sebagai solusi dari kebutuhan dimaksud, kebijakan GPN akan menata infrastruktur, instrumen, (arrangement) kelembagaan, serta mekanisme penyelenggaraan, dalam rangka mewujudkan ekosistem yang interconnected, interoperable dan memiliki kapabilitas dalam pemrosesan transaksi domestik yang optimal, aman, efisien dan andal.

Selain itu, GPN juga dirancang untuk menjadi backbone strategis dalam melayani atau memfasilitasi program-program penting pemerintah seperti penyaluran bansos nontunai, P2G, elektronifikasi jalan tol, moda transportasi lainnya, dan mendukung e-commerce nasional serta meningkatkan keuangan inklusif.

Manfaat GPN

Manfaat GPN adalah untuk efisiensi sistem pembayaran, meningkatkan keamanan, dan memperkuat ketahanan nasional.

  1. Efisiensi sistem pembayaran dapat dicapai melalui sharing infrastruktur, perluasan akses layanan SP melalui peningkatan interkoneksi dan interoperabilitas dan biaya pemrosesan yang wajar.
  2. Peningkatan keamanan dapat dipenuhi melalui penggunaan central bank money untuk mengurangi potensi risiko setelmen dan meningkatkan perlindungan konsumen.
  3. Keamanan nasional (national security) dilakukan melalui kemandirian SP nasional dan penyediaan data dan informasi transaksi SP ritel nasional yang komprehensif.

berita lainnya

Wakil Direktur Utama PT. Rintis Sejahtera, Bapak Suryono Hidayat menyerahkan penghargaan 5th Years Appreciation Customer Loyalty Award kepada ⁠Ibu Asfima Aisya Tusin Putri - Head of Digital, Analytics & Servicing, Standard Chartered Bank Indonesia, dalam acara Customer Loyalty Awards Jaringan PRIMA, Senin, 19 Februari 2024 di Kantor SCB Indonesia, Jakarta... Selengkapnya >
Kawan PRIMA bisa menikmati seluruh sistem pembayaran di Singapura hanya dari telepon genggam tanpa perlu melakukan penukaran mata uang asing.... Selengkapnya >