Tips Hemat Selama Ramadan

13 April 2022

  • Share

Kawan PRIMA, apakah bulan Ramadan kerap membuat pengeluaranmu membengkak? Jika iya, tampaknya kamu harus lebih kreatif dalam mempersiapkan rencana keuangan, agar bulan puasa tahun ini tetap bisa dijalani dengan tenang dan lancar. Simak beberapa tips hemat selama Ramadan berikut ini:

 

1. Belanja dalam jumlah besar di awal bulan

Belanja dalam jumlah besar di awal bulan, mungkin akan membuat kamu merasa cepat “bokek”. Tapi cara ini sebenarnya adalah strategi berhemat yang paling efisien. Apalagi biasanya selama bulan Ramadan harga bahan-bahan pokok akan mengalami kenaikan secara perlahan dan melonjak drastis menjelang lebaran. Jangan sampai kamu nantinya harus membayar berkali lipat dari harga normalnya, hanya karena terlambat mempersiapkan diri.

Namun yang perlu diingat, sebelum berbelanja dalam jumlah besar, kamu wajib membuat daftar belanja yang jelas. Hal ini akan menghindarkan kamu melakukan pembelian barang atau bahan makanan secara berlebihan.

 

2. Menyiapkan menu sahur dan buka puasa sendiri

Tips hemat selama Ramadan selanjutnya adalah dengan memasak sendiri menu sahur dan berbuka. Ribet dan tidak ada waktu? Jangan khawatir, kamu bisa mempraktikkan konsep meal preparation sebagai alternatif. Meal preparation atau yang biasa disebut meal prep, adalah cara makan yang bertujuan agar ketika waktu makan tiba, kamu hanya perlu memanaskan masakan yang sudah disiapkan sebelumnya. Jadi kamu bisa menyiapkan menu sahur dan berbuka, cukup dengan sekali masak.

Cara penyajiannya cukup mudah. Makanan yang telah dimasak, langsung dimasukkan ke dalam sejumlah kotak makan single serving, lalu simpan ke dalam freezer agar tahan lama. Dengan cara ini, kamu bisa menghemat biaya makan dibanding harus memasak bahan makanan secara berulang. Praktis banget kan?

Keuntungan lain dari meal prep adalah kamu bisa memastikan menu makanan yang akan dibuat, berasal dari bahan-bahan segar dan sehat. Sejumlah hidangan yang bisa dijadikan sebagai menu meal prep biasanya berasal dari bahan-bahan makanan seperti ayam, ikan, daging sapi, telur, biji-bijian, sayuran dan buah.

 

3. Batasi bukber di luar rumah

Selama Ramadan biasanya akan banyak ajakan untuk bukber (buka puasa bersama), baik itu dari teman SD, SMP, SMA, kuliah maupun rekan kerja. Terlebih saat ini pemerintah telah memperbolehkan masyarakat melakukan kegiatan bukber dengan penerapan prokes ketat. Untuk menjaga pengeluaran kamu tetap terkendali selama Ramadan, kamu perlu memprioritaskan bukber mana yang harus dihadiri dan tidak perlu dihadiri.

 

4. Catat pengeluaran saat membeli makanan dari luar

Tidak ada salahnya jika kamu sesekali ingin jajan atau berbuka puasa di luar rumah. Namun pastikan kamu mencatat budget yang telah dikeluarkan. Hal itu bertujuan untuk mengontrol pengeluaranmu. Setelah mencatat pengeluaran di awal pekan bulan Ramadan, kamu bisa menyesuaikan pengeluaran di minggu kedua hingga akhir bulan Ramadan. 

 

Referensi:

Idntimes.com

Liputan6.com

Glints.com

Sehatq.com

 

berita lainnya

Jakarta, Bank DKI bersama PT Rintis Sejahtera selaku pengelola Jaringan PRIMA melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dalam rangka memperluas jaringan perbankan transaksi antar negara. ... Selengkapnya >
Sebenarnya apa itu metaverse? Mengapa semua orang kini berlomba-lomba bermigrasi ke dunia metaverse?... Selengkapnya >
Kawan PRIMA, awal usia 20-an adalah fase dimana kamu mulai bekerja dan mendapatkan penghasilan secara mandiri sehingga tidak lagi bergantung pada pemberian orang tua. Disaat itu, kamu akan memiliki ambisi yang kuat untuk memenuhi keinginan.... Selengkapnya >