Tips Agar Tetap PRIMA Menjalani Puasa

6 March 2024

  • Share

Kawan PRIMA, bulan Ramadan merupakan momen yang sangat sakral bagi umat Muslim di seluruh dunia. Momen setahun sekali ini bisa dimanfaatkan sebagai waktu untuk melakukan refleksi dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Selain peningkatan rohani, menjalani bulan nan suci ini juga harus dibarengi dengan fisik dan kesehatan yang kuat pula. Berikut adalah tips agar jasmanimu tetap PRIMA selama bulan Ramadan:

 

1. Hindari kafein dan minuman bersoda

Selama puasa, umat muslim minimal harus menahan lapar dan haus selama 13-14 jam (tergantung zona wilayah). Selama itu pula sebaiknya menghindari sahur dengan kafein atau soda karena dapat menyebabkan dehidrasi. Sahur dan berbukalah dengan minum air putih yang cukup dengan menerapkan aturan 2-4-2.

Aturan ini maksudnya adalah minum dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur. Dehidrasi berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala dan lesu yang dapat mengganggu proses puasa Kawan PRIMA untuk 30 hari ke depan.

2. Penuhi nutrisi di saat sahur

Sahur menjadi pondasi utama dalam menjaga kebugaranmu selama puasa. Pilihlah makanan-makanan yang bernutrisi sebagai menu sahurmu seperti kacang-kacangan, oatmeal, protein rendah lemak, dan sayur serta buah. Hindari makanan dengan kandungan lemak yang berlebih karena dapat mengganggu pencernaan sehingga bisa menganggu proses puasamu.

3. Luangkan waktu untuk berolahraga

Berolahraga rutin tetap diperlukan selama menjalankan puasa. Agar tubuh tetap PRIMA, sebaiknya olahraga dilakukan 30-60 menit setelah berbuka atau sebelum tidur. Meskipun begitu, Kawan PRIMA dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan saja seperti yoga, senam, atau jogging santai.

 4. Konsultasi dengan ahli kesehatan sebelum berpuasa

Buat Kawan PRIMA yang memiliki riwayat penyakit terutama penyakit yang berhubungan dengan jam makan seperti asam lambung dsb. sebaiknya lakukan konsultasi dahulu dengan ahli kesehatan sebelum menjalani puasa. Jangan sampai momen penuh kebaikan ini menjadi bumerang bagimu ya.

 

Nah setelah mengetahui beberapa tips agar tetap PRIMA di bulan Ramadan, semoga Kawan PRIMA makin aware ya dengan kesehatanmu. Banyak hal sepele yang mungkin kita tidak hiraukan dapat berakibat fatal seperti pola aktivitas yang berlebihan atau pemilihan makanan yang kurang bergizi. Untuk bisa memenuhi kebutuhan harianmu dalam menyiapkan menu sahur dan berbuka yang bergizi kamu bisa melakukan pembelian di aplikasi GoJek dengan melakukan top-up melalui m-banking mitra Jaringan PRIMA. Kemudahan ini akan membantumu dalam mempersiapkan menu-menu sahur dan berbuka yang bernutrisi! Selamat berpuasa!

 

 

sumber:

kemkes.go.id

halodoc.com

detik.com

berita lainnya

Mempersiapkan asuransi kesehatan juga sebagai bentuk kepedulian Kawan PRIMA terhadap diri sendiri dan keluarga.... Selengkapnya >
Berikut adalah tips agar THR kamu bisa dikelola dengan bijak ala Jaringan PRIMA... Selengkapnya >
Merayakan Hari Film Nasional bisa dilakukan dengan berbagai caranya dengan yang paling relevan adalah dengan menonton film Indonesia yang sedang diputar di bioskop bersama orang terdekat Kawan PRIMA.... Selengkapnya >