Srikandi Bisnis & Keuangan Indonesia Rayakan Hari Ibu Dengan Fashion Show Karya UMKM Lokal

28 December 2022

  • Share

Kawan PRIMA, dalam rangka memperingati Hari Ibu, Humbang Kriya berkolaborasi dengan Oscar Lawalata Culture mempersembahkan Fashion Show “Untukmu Ibu”. Tak hanya itu, Humbang Kriya turut menggandeng Srikandi Bisnis dan Keuangan Indonesia (SBKI). Kolaborasi Oscar Lawalata Culture X Humbang Kriya tersebut mendukung sustainable fashion dan eco fashion dengan menggunakan bahan-bahan alami sehingga turut membantu bumi Ibu Pertiwi menyembuhkan dirinya.

Kegiatan itu juga dilakukan agar UMKM lokal mengalami peningkatan kelas sesuai dengan program yang dicanangkan Presiden Joko Widodo pada tanggal 3 Oktober 2022 lalu. Humbang Kriya merupakan hasil produk UMKM binaan Rumah Kreatif Sinar Mas. Humbang Kriya terdiri dari Humbang Shibori, Tenun Songket Humbang, Humbang Batiq dan Humbang EcoPrint yang dibuat oleh para artisan di Kawasan Dolok Sanggul, Matiti, Parsingguran dan Tipang di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Direktur Asuransi Sinar Mas sekaligus pembina Rumah Kreatif Sinar Mas, Dumasi MM Samosir mengatakan fashion show Humbang Kriya X Oscar Lawalata Culture dengan SBKI merupakan bentuk komitmen PT Asuransi Sinar Mas dan Rumah Kreatif Sinar Mas dalam mendukung karya mitra binaan untuk bisa naik kelas dan pada akhirnya terus berkelanjutan. “Pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan oleh PT Asuransi Sinar Mas melalui Rumah Kreatif Sinar Mas di kabupaten Humbang Hasundutan sejak tahun 2016 ini telah menciptakan UMKM baru dengan produk-produk yang dapat menjadi produk unggulan untuk mendukung pariwisata di sana,” ujar Dumasi.

Asha Smara Darra, perwakilan dari Oscar Lawalata Culture menambahkan melalui kolaborasi tersebut semua pihak diharapkan bisa berkembang bersama dalam tren fashion yang dinamis. “Para teman kreatif Humbang Kriya diharapkan dapat berkembang bersama dalam dinamisme trend fashion dan industri kreatif untuk mengasah dan memberi motivasi kepada para pengrajin, agar dapat menghasilkan sebuah desain masa kini yang bisa dipakai sehari hari dan bisa berkembang di dunia fashion,”

Dalam fashion show tersebut, para anggota Srikandi Bisnis dan Keuangan Indonesia (SBKI) tampil anggun mengenakan pakaian-pakaian khas Humbang Kriya sambil berjalan dan berpose layaknya model profesional. Ketua Srikandi Bisnis dan Keuangan Indonesia (SBKI), Aviliani mengapresiasi kolaborasi tersebut karena mampu mengkolaborasikan antara produk UMKM dengan desainer-desainer ternama. “Kolaborasi ini perlu ditularkan kepada yang lain, agar menaikkan kelas UMKM lebih banyak lagi,” tambah Aviliani.

Senada dengan itu, Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin berharap produk karya Rumah Kreatif Sinar Mas dapat memberikan dukungan bagi industri fashion melalui keterlibatan aktif UMKM.   “Kami mengharapkan inisiatif Asuransi Sinar Mas memadupadankan hasil kriya khas setempat, karya masyarakat, dalam hal ini UMKM, dapat membawa beragam jenis kain Humbang naik kelas, menjangkau publik luas sebagai produk bernilai tambah.

Terselenggaranya acara Fashion Show ini juga mendapatkan dukungan dari para sponsor, salah satunya PT Rintis Sejahtera (Jaringan PRIMA). Presiden Direktur PT Rintis Sejahtera, Iwan Setiawan menyebut Jaringan PRIMA senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan positif yang diinisiasi oleh Humbang Kriya. "Saya meyakini kolaborasi Humbang Kriya dengan desainer-desainer ternama seperti Oscar Lawalata bersama Srikandi Bisnis dan Keuangan Indonesia (SBKI) akan dapat meningkatkan nilai karya seni khas Indonesia, juga ekonomi kreatif dan pariwisata Indonesia,” tutup Iwan.

berita lainnya

Liburan kenaikan sekolah bisa dijadikan momentum bagi Kawan PRIMA untuk berburu tiket dari jauh-jauh hari seperti tiket kereta api atau tiket pesawat.... Selengkapnya >
Kawan PRIMA, untukmu yang rutin menggunakan kartu debit dalam bertransaksi pernahkah mengalami kendala dan kamu tidak tahu apa penyebabnya?... Selengkapnya >
Kawan PRIMA sendiri tahu tidak kalau baik kartu ATM dan debit itu memiliki perbedaan meskipun tidak terlalu signifikan?... Selengkapnya >