PERESMIAN KEMITRAAN JARINGAN PRIMA DENGAN 14 MITRA BANK UNTUK MENDUKUNG PROGRAM GPN – BANK INDONESIA

15 January 2019

 

Jakarta, 15 Januari 2019 – PT Rintis Sejahtera, sebagai pengelola Jaringan PRIMA dengan 14 Mitra Bank meresmikan kemitraan model bisnis Jaringan PRIMA ATM dan PRIMA Debit. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan piagam kemitraan oleh Presiden Direktur PT Rintis Sejahtera, Iwan Setiawan dan Pimpinan ke-14 Mitra Bank pada hari Selasa, 15 Januari 2019 di di Ritz Carlton Hotel, Jakarta.

Dengan peresmian kemitraan ini, maka seluruh nasabah 14 Mitra Bank akan terhubung dengan Jaringan PRIMA ATM dan PRIMA Debit. 14 Mitra Bank yang bergabung dengan Jaringan PRIMA antara lain; Citibank, Bank Capital, Bank Harda, Bank Kalteng, Bank Maluku Malut, Bank Prima Master, Bank Mestika, Bank Sumut, Bank Ina Perdana , Bank Index, Bank of China, QNB Indonesia, Bank Panin Dubai Syariah, BPD Bali. Dengan bergabungnya ke dalam Jaringan PRIMA, maka para nasabah 14 Mitra Bank akan menikmati kemudahan dan kenyamanan bertransaksi di lebih dari 120.000 ATM Jaringan PRIMA dan berbelanja di lebih dari 1.200.000 mesin EDC melalui layanan Jaringan PRIMA Debit yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebaliknya, nasabah 82 Bank yang telah menjadi mitra Jaringan PRIMA akan dapat memanfaatkan Jaringan ATM dan EDC para Mitra Bank baru.

Presiden Direktur PT Rintis Sejahtera, Iwan Setiawan mengatakan, “Melalui kemitraan ini, Jaringan PRIMA berkomitmen untuk mendukung 14 Mitra Bank dalam meningkatkan layanan transaksi elektronik secara aman, nyaman dan efisien dengan tingkat layanan yang tinggi.”

Jaringan PRIMA juga berkomitmen mendukung kebijakan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang dikeluarkan Bank Indonesia, demi terwujudnya interkoneksi dan interoperabilitas ekosistem pembayaran. Kemitraan 14 Bank dengan Jaringan PRIMA adalah bentuk nyata dukungan terhadap kebijakan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dalam rangka memperkuat Sistem Pembayaran Nasional yang Aman, Andal dan Terpercaya.

Bagi Jaringan PRIMA adalah merupakan suatu amanah mulia untuk terus mendukung Mitra Jaringan PRIMA dalam memenuhi kewajiban komitmen terhadap kebijakan GPN, baik dari segi kepatuhan regulasi, maupun aspek optimalisasi manfaat GPN untuk tujuan bisnis Mitra Jaringan PRIMA, dan pada akhirnya kembali berkontribusi terhadap penguatan GPN. Jika sebelumnya kartu debit hanya dapat mengakses mesin atau perangkat dari bank yang sama, dengan pemberlakuan GPN semua pemilik kartu debit berlogo GPN dapat bertransaksi menggunakan mesin ATM serta EDC dari bank mana saja. Dalam rangka menyukseskan Gerbang Pembayaran Nasional, Jaringan PRIMA juga ikut terlibat aktif mengembangkan berbagai inovasi produk pembayaran, baik yang berbentuk kartu maupun digital untuk terus meningkatkan layanan Jaringan PRIMA. Dengan kerja sama ini nasabah 14 Mitra Bank akan dapat melakukan transaksi di seluruh ATM dan mesin EDC Jaringan PRIMA.

Tergabungnya 14 Bank di awal tahun 2019 ini menjadi kebanggaan bagi PT. Rintis Sejahtera selaku pengelola Jaringan PRIMA karena 14 Mitra Bank terdiri dari 4 Bank Pembangunan Daerah, 6 Bank Swasta Nasional dan 4 Bank Asing. Peresmian kemitraan ini menjadi tolak ukur bagi Jaringan PRIMA untuk memperluas dan memperkuat jaringan serta layanan bagi nasabah Bank dan pengguna layanan perbankan lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Tentang PT Rintis Sejahtera

Jaringan PRIMA merupakan layanan switching yang dikelola oleh PT Rintis Sejahtera dan beroperasi sejak Agustus 2000. Jaringan PRIMA kini beranggotakan 82 bank, dengan jumlah terminal ATM mencapai lebih dari 120.000 ATM berlogo PRIMA. Jaringan PRIMA menyediakan layanan PRIMA Debit (Gerbang Pembayaran Nasional -GPN-) untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan berbelanja bagi seluruh bank peserta Mitra Bank Jaringan PRIMA di lebih dari 1.200.000 terminal EDC yang tersebar di berbagai merchant di Indonesia. Jaringan PRIMA didukung pula dengan web-based complaint handling system yang efektif dan efisien. PT. Rintis Sejahtera juga menawarkan mekanisme sistem pembayaran PRIMA Payment Solution bagi perusahaan yang ingin memberikan kemudahan pembayaran melalui jaringan ATM, Internet Banking, dan Mobile Banking melalui 82 Mitra Bank yang telah bergabung di Jaringan PRIMA. Saat ini lebih dari 90 billers (perusahaan penyedia layanan) yang telah bergabung dalam layanan Payment Solution Jaringan PRIMA. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.jaringanprima.co.id

 

Tentang 14 Mitra Bank Baru

14 Mitra Bank baru Jaringan PRIMA terdiri dari berbagai jenis bank, antara lain Bank Asing, Bank Swasta Nasional dan Bank Pembangunan Daerah. Bergabungnya 14 Mitra Bank dengan Jaringan PRIMA merupakan bukti nyata dukungan terhadap kebijakan Gerbang Pembayaran Nasional. 14 Mitra Bank tersebut akan terhubung dengan Jaringan PRIMA ATM dan PRIMA Debit. Masing-masing fitur yang terhubung dengan Jaringan PRIMA antara lain; Citibank dan Bank Ina Perdana dengan fitur Issuer & Acquirer ATM ; Issuer & Aquirer Debit, Bank Sumut, Bank Kalteng, Bank Index, dan QNB Indonesia dengan fitur Issuer & Aquirer ATM; Bank Panin Dubai Syariah dan Bank Mestika Issuer & Acquirer ATM, Issuer Debit; Bank Capital, Bank Harda dan Bank Prima Master dengan fitur Issuer ATM; Bank of China dengan fitur Issuer ATM & Debit; Bank Maluku Malut dengan fitur Issuer & Aquirer ATM serta SMS Banking; BPD Bali dengan fitur Issuer & Acquirer ATM, Mobile Banking & Internet Banking.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi

PT Rintis Sejahtera

Marketing Division

Alamat : Gedung Prima Sejahtera (GPS) 8th Floor, Jl. Jalur Sutera Kav. 5A, Tangerang 15144

Telephone : (021) 297 794 99

Email : prima@rintis.co.id

PRESS RELEASE LAINNYA

Dukung GPN dan Perluas Konektivitas, Standard Chartered Bergabung di Jaringan PRIMA... Selengkapnya >
Tambah Kemudahan bagi Nasabah, Bank DBS Indonesia Gandeng Jaringan PRIMA... Selengkapnya >
Tingkatkan Kemudahan Konsumen Jaringan ATM PRIMA Resmikan Kerja Sama dengan GO-JEK... Selengkapnya >