NASI GORENG TERNYATA BUKAN BERASAL DARI INDONESIA

30 November 2021

  • Share

Kawan PRIMA, nasi goreng merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah sangat populer di mancanegara. Siapa sih, yang tidak kenal dengan nasi goreng?  Cara penyajiannya yang mudah dan rasanya yang nikmat, menjadikan makanan ini disukai seluruh kalangan. Di Indonesia, nasi goreng merupakan makanan yang biasa disajikan kapan pun,  baik makan pagi, siang maupun malam.

Tapi Kawan PRIMA, apakah kamu tahu asal usul dari Nasi Goreng? Jika belum, kali ini kita akan bahas sejarah dan sejumlah fakta menarik mengenai Nasi Goreng.

 

1. Sejarah Nasi Goreng

Kawan PRIMA , ternyata nasi goreng  sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu loh, yakni sekitar 4.000 tahun sebelum Masehi. Namun jika kamu menyangka nasi goreng berasal dari Indonesia, maka kamu keliru. Nasi goreng merupakan salah satu budaya yang dibawa oleh masyarakat Tionghoa saat  bermigrasi ke Indonesia dulu. Resep nasi goreng pertama disebut-sebut berasal dari kota Yangzhou yang berada di provinsi Jiansu. Dari Kota inilah kemudian populer sebutan nasi goreng Yang Chou yang tidak lain adalah nasi goreng ala oriental.

Nasi goreng merupakan makanan tradisional masyarakat Tionghoa yang memanfaatkan nasi yang sudah dingin. Ide memasak nasi goreng dimulai dari kebiasaan masyarakat Tionghoa yang tidak suka mengkonsumsi makanan dingin. Oleh sebab itu, mereka mencoba memasak kembali nasi yang sudah dingin dengan memasukkan beberapa bumbu, agar terasa lebih nikmat.

Makanan ini akhirnya dibawa masyarakat Tionghoa yang bermigrasi ke seluruh penjuru dunia. Sehingga tidak heran, banyak varian nasi goreng dari berbagai daerah dan negara, karena disesuaikan dengan bumbu dan bahan masyarakat lokal. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis nasi goreng, diantaranya nasi goreng cakalang, nasi goreng telor, nasi goreng kambing, nasi goreng teri, nasi goreng petai dan banyak lagi.

 

2. Nasi Goreng Adalah Menu Sahur Proklamator

Nasi goreng merupakan menu makanan yang sudah sangat melekat dengan kehidupan warga Indonesia. Nasi goreng ternyata pernah menjadi salah satu menu sahur yang disantap para tokoh perumus naskah proklamasi pada dini hari 9 Ramadhan 1364 tepat 76 tahun yang lalu.

Dalam buku Sekitar Proklamasi (1981), Bung Hatta mengatakan bahwa dirinya sempat diberi makan sahur di kediaman Laksana Maeda. Makanan yang disiapkan diantaranya nasi goreng telur dan ikan sarden.

 

3. Nasi Goreng Adalah Makanan Orang Miskin

Bruce King dalam buku Street Food Around the World An Encyclopedia yang diterbitkan pada 2013, menyebut nasi goreng dahulu banyak dikonsumsi para petan Chinai. Keluarga petani yang memiliki nasi sisa, tidak akan membuangnya. Keesokan harinya mereka akan mengolahnya kembali dengan sedikit minyak dan campuran sayur. Biasanya nasi goreng akan dibuat dalam porsi banyak agar bisa dimakan bersama. Inilah sebabnya nasi goreng China selalu dibuat dalam porsi banyak.

 

4. Nasi Goreng Adalah Makanan Terenak Ke-2 di Indonesia

Berdasarkan survei yang dilakukan CNN pada 2017, nasi goreng dinobatkan sebagai makanan terenak ke-2 di Indonesia setelah rendang. Voting ini melibatkan 35 ribu orang di dunia. Nasi goreng ala Indonesia dipilih menjadi salah satu terenak karena mempunyai ciri khas rasa gurih pedas. Meski dahulunya nasi goreng disebut sebut sebagai santapan orang miskin, namun kini, makanan yang satu ini banyak disantap berbagai kalangan. Nasi goreng kini disajikan oleh penjual gerobakan hingga di hotel berbintang.

 

Referensi:

 

Detik.com

Kompas.com

Grid.id

berita lainnya

perfeksionis merupakan sifat atau karakter seseorang yang menuntut semua pekerjaan berjalan sempurna tanpa celah... Selengkapnya >
Organisasi kesehatan dunia (WHO) beberapa waktu lalu menetapkan varian ini sebagai Varian of Concern (VoC). Penetapan status ini diberikan karena varian Omicron dianggap lebih ganas dan menular 500 persen lebih cepat dibanding varian Delta.... Selengkapnya >
Besarnya produksi batu bara tanah air didukung oleh sumber daya dan cadangan batu bara yang tersimpan di sejumlah daerah di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa provinsi penghasil batu bara terbesar di Indonesia: ... Selengkapnya >