Lari Marathon, Olahraga yang Kaya Manfaat

5 September 2019

  • Share

Digemari banyak orang, olahraga lari kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup.  Jenis olahraga yang satu ini merupakan olahraga yang mudah, murah, dan kaya manfaat.  Memiliki banyak jenis, salah satu yang begitu mendunia adalah marathon. Marathon sendiri dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan jaraknya yaitu half marathon (21 km), marathon (42 km), dan ultra marathon (>42 km). Apakah Kawan PRIMA pernah mengikuti ajang lari marathon? Ternyata lari marathon memiliki banyak manfaat lho. Yuk, simak apa saja manfaatnya!

Membakar Kalori

Lari marathon membuat tubuh membakar kalori dengan efektif. Tak hanya kalori, bahkan lemak pun juga ikut terbakar. Jika dilakukan secara rutin, lari marathon dapat membentuk tubuh kita sehingga terlihat lebih kencang dan fit. Bagi Kawan PRIMA yang ingin cepat menurunkan berat badan, bisa dicoba nih.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kecepatan lari yang dilakukan secara bertahap dan stabil, akan membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Dengan ini jantung pun lebih stabil dalam memompa darah, sehingga peredaran darah bersih dan oksigen ke seluruh tubuh pun menjadi lancar. Namun, jangan pernah memaksakan kemampuan agar jantung tidak bekerja terlalu keras.

Melatih Pernapasan

Biasanya saat berlari, napas terasa semakin berat. Namun sebenarnya hal tersebut berguna untuk meningkatkan kemampuan pernapasan, karena kita jadi belajar untuk mengatur temponya. Semakin lama paru-paru pun akan semakin kuat sekaligus terlatih, sehingga sistem pernapasan semakin bekerja optimal.

Menguatkan Otot dan Tulang Kaki

Pada saat seseorang sedang melakukan lari marathon, maka kaki akan menjadi tumpuan beban sekaligus pusat dari semua gerakan yang dilakukan tubuh. Beberapa gerakan yang terjadi pada kaki secara konstan tersebut nantinya bisa meningkatkan kekuatan tulang dan otot, juga keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh

Melalui olahraga lari, racun terbuang lewat keringat dan digantikan oleh produksi zat baik yang bisa melindungi tubuh dari penyakit. Dengan rutin dan teratur melakukan olahraga lari, maka sistem kekebalan pun akan meningkat. Fungsi tubuh untuk melawan dan mencegah diri dari penyakit pun menjadi stabil, sehingga kita tidak lagi rentan terkena flu, terserang virus, maupun bakteri.

Manfaat Psikologis

Lari marathon juga memiliki beberapa manfaat yang baik dari segi psikologis nih. Tidak hanya sehat secara jasmani, namun juga secara mental. Ketika melakukan lari marathon, kita jadi lebih percaya diri, pantang menyerah, dan fokus pada tujuan. Tak hanya itu saja, lari marathon juga dipercaya mampu menghilangkan rasa stress.

Wah, banyak sekali ya manfaatnya! Namun perlu diingat, sebelum melakukan lari marathon, Kawan PRIMA tetap harus melakukan beberapa persiapan fisik seperti latihan rutin secara bertahap dan mengkonsumsi makanan sehat.

Ingin tahu seperti apa keseruan mengikuti ajang lari marathon? Yuk Kawan PRIMA, jangan lupa hadir di event Maybank Bali Marathon pada tanggal 8 September 2019. Di sana Kawan PRIMA juga dapat seru-seruan bersama Jaringan PRIMA lho. Penasaran bagaimana serunya? Sampai jumpa di booth Jaringan PRIMA ya!

 

REFERENSI:

Antara News – Manfaat Lari Maraton untuk Kesehatan

Alodokter – Ingin Lari Maraton Perhatikan Hal-hal Berikut Ini

Manfaat.co.id – Manfaat Lari Maraton

Klikdokter – Manfaat Lari Maraton untuk Kesehatan

Gurupenjaskes – Macam-macam Lari dalam Olahraga Atletik

berita lainnya

Kawan PRIMA, dalam mewujudkan kemajuan arus ekonomi digital yang kondusif, Bank Indonesia menetapkan lima visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025.... Selengkapnya >
Kawan PRIMA, akhir 2017 silam kita mulai mengenal istilah Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Hingga pada Mei 2018, kartu ATM/Debit berlogo GPN ini secara resmi dapat digunakan oleh masyarakat. ... Selengkapnya >
Di era technology disruption kini, setiap industri harus siap bergerak menghadapi perubahan-perubahan yang dinamis.... Selengkapnya >