Hobi Streaming Film? Gini Caranya Biar Ga Buffering

18 November 2020

  • Share

Kawan PRIMA, bisa dikatakan internet saat ini sudah menjadi kebutuhan yang utama bagi kebanyakan orang, bukan? Ya, hampir semua aktivitas keseharian kita membutuhkan jaringan internet. Entah itu sekedar browsing, berselancar di social media, belajar, bekerja, belanja, dsb. Peran internet menjadi makin penting di saat pandemi ini, dimana kita melakukan berbagai rutinitas secara virtual, termasuk mencari hiburan. Salah satu cara favorit menghibur diri yang paling ampuh adalah dengan nonton film streaming. Sayangnya pas lagi asyik streaming, masalah yang sering dihadapi adalah video yang buffering.

Menyebalkan sekali ya kalau sudah buffering apalagi kalau adegan film lagi seru-serunya. Bukan good mood yang didapat malah jadi bad mood. Nah untuk mengatasi masalah tersebut, kamu harus tahu cara streaming film yang efektif tanpa buffering.

Penasaran bagaimana caranya? Ikuti tips berikut ini:

1. Cek Kecepatan Koneksi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk streaming film tanpa buffering adalah dengan cara melakukan Speedtest. Kenapa harus speedtest? Ya, karena salah satu penyebab  utama buffering saat streaming adalah koneksi internet yang tidak stabil. Jadi speedtest dapat dilakukan untuk diagnosa awal apakah internet kita sedang bermasalah atau tidak.

Apabila hasil speedtest ternyata menunjukkan koneksi kita sedang tidak stabil, lebih baik tunda dulu ya streaming filmnya sampai koneksi internet kita stabil. Karena memang tidak ada cara lain yang bisa dilakukan, kecuali kamu ganti koneksi internet. Misalnya kamu sekarang cuma mengandalkan internet seluler, kamu bisa beralih pasang internet rumah fiber optik dari MyRepublic yang memberikan koneksi internet cepat dan stabil.

2. Membersihkan Cache

Banyak orang yang masih awam kalau cache yang menumpuk bisa menghambat performa sebuah device yang kamu gunakan. Awalnya mungkin ini akan membantu kita lebih cepat mengakses halaman yang pernah kita kunjungi sebelumnya, namun tanpa disadari semakin lama ukuran cache akan membesar dan bisa menghambat performa device yang kita gunakan saat streaming film, lho. Cobalah membersihkan cache agar performa device lebih baik dan internet jadi lebih lancar. Buat kamu yang belum tahu apa itu cache, cache adalah data bersifat sementara yang mencatat semua aktivitas kamu saat menggunakan sebuah aplikasi.

3. Uninstall Aplikasi Yang Jarang Dipakai

Faktor lain yang memicunya buffering adalah adanya aplikasi atau software lain yang tanpa kamu sadari terhubung ke internet. Hal tersebut terjadi kalau device kamu terdapat banyak aplikasi yang berjalan otomatis di background sistem. Hasilnya, jaringan internet menjadi lemot karena bandwidth internet yang harus terbagi.

Jadi kamu bisa uninstall aplikasi yang tidak digunakan tersebut untuk mengatasi buffering.

4. Update Flash Player

Sebagian besar penyedia layanan streaming film menggunakan Adobe Flash Player untuk bisa memutarnya. Nah biasanya kalo versi yang kita punya belum update, hal itu juga bisa jadi sebagai salah satu penyebab streaming film kita selalu buffering padahal koneksi yang kita punya sudah mendukung. Jadi sebaiknya jangan lupa update flash player kamu ya.

5. Pasang Internet Ngebut (Fiber Optik)

Nah ini yang paling ampuh! Ya, sampai dengan saat ini internet berbasis fiber optik memang menjadi salah satu teknologi internet paling cepat dan paling stabil. Serat fiber punya kecepatan transmisi yang super cepat, kecepatannya sampai dengan 1GB/detik. Kabel fiber memanfaatkan gelombang cahaya jadi tidak rentan terganggu gelombang elektromagnetik dan jauh lebih tahan terhadap gangguan cuaca. Nah, teknologi ini sangat cocok sekali untuk Kawan PRIMA yang suka download atau upload file super besar, gamer dan kamu yang suka streaming film.

Kalo mau internet di rumah ngebut, pilihlah internet service provider terbaik di Indonesia yang cocok dengan kebutuhan Kawan PRIMA yaitu, MyRepublic. Teknologi 100% fiber optik membuat pengalaman internet kamu semakin menyenangkan karena koneksi yang cepat dan stabil.

Demikian 5 cara streaming film biar tidak buffering. Semoga bermanfaat dan membantu Kawan PRIMA supaya tidak kesal lagi saat streaming ya :)

berita lainnya

Semua punya kesempatan besar untuk memenangkan hadiah tabungan total hingga Rp 625 juta dari BNI. Terdapat pemenang periode 2 bulan dan Grand Prize yaitu sbb :... Selengkapnya >