Tujuan GPN (Gerbang Pembayaran Nasional)

8 February 2018

  • Share

GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional adalah program yang diluncurkan Bank Indonesia dimana pemilik kartu Debit bank tertentu dapat melakukan pembayaran di mesin EDC bank lain. Prinsip sistem ini sama dengan kartu internasional seperti Visa dan MasterCard, namun dengan GPN, seluruh transaksi diproses di dalam negeri. Burung Garuda berwarna merah menjadi logo yang akan dicantumkan di tiap kartu Debit dan kartu uang elektronik nasional  #PrimaDebitDomestik #GPN

Tujuan GPN

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) merupakan bentuk kerjasama interkoneksi antar jaringan switching nasional. Layanan ini diluncurkan untuk memudahkan sistem pembayaran masyarakat Indonesia dan melindungi data transaksi nasabah. Jaringan PRIMA turut berperan dalam mengatur sistem transaksi tersebut agar masyarakat Indonesia dapat menggunakan layanan transaksi elektronik yang aman dan efisien.

Berikut manfaat-manfaat penerapan GPN:

  1. Memudahkan Sistem Pembayaran Nasional
    • Melalui sistem ini, pemilik semua kartu Debit Bank dapat melakukan transaksi di mesin EDC bank lain. Nasabahpun semakin dimudahkan untuk bertransaksi dimana saja.
  2. Tulang Punggung Program Pemerintah
    • GPN juga dihadirkan sebagai tulang punggung  program-program Pemerintah termasuk penyaluran bantuan sosial non tunai, elektronifikasi jalan tol dan transportasi publik, keuangan inklusif dan pengembangan sistem perdagangan nasional berbasis elektronik.
  3. Mendorong Penggunaan Mesin EDC
    • Penerapan GPN ini diharapkan akan mendorong sharing infrastruktur sehingga penggunaan mesin dan EDC dapat meningkat, sehingga biaya investasi infrastruktur dapat digunakan untuk kegiatan pembiayaan pinjaman yang pada akhirnya akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. GPN juga akan memudahkan  sistem koneksi antar pihak yang sebelumnya bersifat bilateral antar pihak menjadi terpusat di GPN.

Referensi: Bank Indonesia

berita lainnya

Direktur Marketing PT. Rintis Sejahtera, Bapak Suryono Hidayat menyerahkan penghargaan 5th Years Appreciation Customer Loyalty Award" kepada Direktur TI & Operasional PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk, Bapak Benny Sudarsono Tan, didampingi, Kepala Divisi Jaringan & Operasi PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk, Bapak Yudi Gunawan dan Kepala Departemen Operasional TI & Data Center PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk, Bapak Arief Candra dalam acara Virtual Customer Loyalty Awards Jaringan PRIMA, Rabu, 14 April 2021.... Selengkapnya >
Direktur Marketing PT. Rintis Sejahtera, Bapak Suryono Hidayat menyerahkan penghargaan 20th Years Appreciation Customer Loyalty Award kepada Bapak Santoso Liem, Direktur PT Bank Central Asia Tbk dalam acara Virtual Customer Loyalty Awards Jaringan PRIMA, Kamis, 1 April 2021.... Selengkapnya >
Direktur Marketing PT. Rintis Sejahtera, Bapak Suryono Hidayat menyerahkan penghargaan 15th Years Appreciation Customer Loyalty Award" kepada Bapak Ahmad Fajar, Direktur Utama PT. Bank Victoria Internasional dalam acara Virtual Customer Loyalty Awards Jaringan PRIMA, Kamis, 25 Maret 2021.... Selengkapnya >