Tujuan GPN (Gerbang Pembayaran Nasional)

8 February 2018

  • Share

GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional adalah program yang diluncurkan Bank Indonesia dimana pemilik kartu Debit bank tertentu dapat melakukan pembayaran di mesin EDC bank lain. Prinsip sistem ini sama dengan kartu internasional seperti Visa dan MasterCard, namun dengan GPN, seluruh transaksi diproses di dalam negeri. Burung Garuda berwarna merah menjadi logo yang akan dicantumkan di tiap kartu Debit dan kartu uang elektronik nasional  #PrimaDebitDomestik #GPN

Tujuan GPN

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) merupakan bentuk kerjasama interkoneksi antar jaringan switching nasional. Layanan ini diluncurkan untuk memudahkan sistem pembayaran masyarakat Indonesia dan melindungi data transaksi nasabah. Jaringan PRIMA turut berperan dalam mengatur sistem transaksi tersebut agar masyarakat Indonesia dapat menggunakan layanan transaksi elektronik yang aman dan efisien.

Berikut manfaat-manfaat penerapan GPN:

  1. Memudahkan Sistem Pembayaran Nasional
    • Melalui sistem ini, pemilik semua kartu Debit Bank dapat melakukan transaksi di mesin EDC bank lain. Nasabahpun semakin dimudahkan untuk bertransaksi dimana saja.
  2. Tulang Punggung Program Pemerintah
    • GPN juga dihadirkan sebagai tulang punggung  program-program Pemerintah termasuk penyaluran bantuan sosial non tunai, elektronifikasi jalan tol dan transportasi publik, keuangan inklusif dan pengembangan sistem perdagangan nasional berbasis elektronik.
  3. Mendorong Penggunaan Mesin EDC
    • Penerapan GPN ini diharapkan akan mendorong sharing infrastruktur sehingga penggunaan mesin dan EDC dapat meningkat, sehingga biaya investasi infrastruktur dapat digunakan untuk kegiatan pembiayaan pinjaman yang pada akhirnya akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. GPN juga akan memudahkan  sistem koneksi antar pihak yang sebelumnya bersifat bilateral antar pihak menjadi terpusat di GPN.

Referensi: Bank Indonesia

berita lainnya

Wakil Direktur Utama PT. Rintis Sejahtera, Bapak Suryono Hidayat menyerahkan penghargaan 20th Years Appreciation Customer Loyalty Award kepada Bapak Helmi Fahrudin, Direktur PT Bank KB Bukopin, dalam acara Customer Loyalty Awards Jaringan PRIMA, Senin, 22 Juli 2024 di Kantor Pusat Bank KB Bukopin, Jakarta... Selengkapnya >
Wakil Direktur Utama PT. Rintis Sejahtera, Bapak Suryono Hidayat menyerahkan penghargaan 5th Years Appreciation Customer Loyalty Award kepada Bapak Hendra Halim, Wakil Presiden PT Bank Mestika Dharma, dalam acara Customer Loyalty Awards Jaringan PRIMA, Kamis, 18 Juli 2024 di Kantor Pusat Bank Mestika, Medan... Selengkapnya >
Wakil Direktur Utama PT. Rintis Sejahtera, Bapak Suryono Hidayat menyerahkan penghargaan 5th Years Appreciation Customer Loyalty Award kepada Bapak Ida Bagus Gede Setia Yasa , Direktur IT & OPS, PT Bank BPD Bali, dalam acara Customer Loyalty Awards Jaringan PRIMA, Jumat, 5 Juli 2024 di Gedung Prima Sejahtera, Tangerang... Selengkapnya >