Fitur Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu Antarbank Kini Sudah Dapat Diakses di 13 Mitra Bank Jaringan PRIMA

1 May 2025

  • Share

Jakarta, 30 April 2025 — PT Rintis Sejahtera, sebagai pengelola Jaringan PRIMA, meluncurkan layanan Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu yang kini sudah dapat digunakan oleh nasabah melalui aplikasi mobile banking dan ATM pada 13 mitra bank yang bekerja sama dengan Jaringan PRIMA. Jaringan PRIMA saat ini juga tengah berada dalam tahap pengembangan layanan bersama 36 mitra bank lainnya.

Acara Peluncuran Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu Mitra Jaringan PRIMA berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta dan dihadiri oleh jajaran eksekutif dari berbagai mitra Jaringan PRIMA, menandai kolaborasi erat dalam mendukung transformasi digital di sektor keuangan Indonesia.

Fitur Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu merupakan salah satu inovasi dari Jaringan PRIMA yang bertujuan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan perbankan digital yang cepat, praktis, dan aman. Melalui fitur ini, nasabah dapat melakukan tarik tunai di ATM tanpa harus menggunakan kartu debit fisik; cukup dengan aplikasi mobile banking yang telah mendukung layanan ini. Inisiatif ini sekaligus menjadi bagian dari komitmen PT Rintis Sejahtera dalam mendorong inklusi keuangan digital serta menghadirkan kemudahan transaksi.

Suryono Hidayat, selaku Vice President Director PT Rintis Sejahtera mengatakan, “Peluncuran fitur Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu ini merupakan wujud komitmen kami dalam menghadirkan solusi digital yang relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Dengan kemudahan tarik tunai tanpa kartu, kami ingin mendukung gaya hidup yang lebih praktis, aman, dan efisien bagi para nasabah mitra kami."

Jaringan PRIMA mengapresiasi atas antusiasme para mitra bank yang turut mendukung fitur Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu ini sebagai bagian dari upaya bersama dalam menghadirkan layanan perbankan yang lebih inovatif dan efisien bagi nasabah. Penyedia layanan ATM (acquiring bank) yang sudah menerapkan fitur tersebut yaitu Bank BNI, Bank BRI, Bank CIMB Niaga, Bank BJB, Bank BPD Kaltimtara, Bank BPD DIY, Bank Multiarta Sentosa, dan Bank INA Perdana. Sementara untuk aplikasi mobile banking (issuing bank) yaitu Bank Neo Commerce, Bank Multiarta Sentosa, Bank Danamon, Bank NOBU, Bank BJB, Bank DKI, Bank BPD DIY, Bank BPD Kaltimtara, Bank INA Perdana, dan Bank Victoria International. 

Corina Leyla Karnalies, Direktur Consumer Banking BNI menuturkan,Layanan tarik tunai tanpa kartu ini menjadi salah satu solusi strategis untuk mendukung gaya hidup nasabah yang semakin dinamis dan mobile, tanpa mengesampingkan aspek keamanan. Implementasi fitur ini telah menunjukkan bagaimana sinergi antara BNI dan Rintis mampu menghadirkan layanan yang relevan dan bermanfaat bagi masyarakat.”

Hal ini juga disambut baik oleh Aditya Wahyu Windarwo, Direktur Bisnis Bank Neo Commerce yang juga mengungkapkan “Kami ingin kolaborasi yang telah terjalin dengan PT Rintis Sejahtera dalam mengembangkan berbagai fitur dan inovasi layanan lain, mulai dari transaksi keuangan yang lebih seamless hingga integrasi ekosistem digital yang lebih luas, dapat terus berkesinambungan. 

Berikut ini cara bertransaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu (antarbank) di Jaringan PRIMA:

Melalui aplikasi mobile banking:

  1. Nasabah memilih fitur Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu (antarbank)
  2. Nasabah memasukkan nominal transaksi
  3. Issuer Bank akan mengirimkan kode autentikasi kepada nasabah (OTP dan/atau reference number) melalui SMS/notifikasi

Penarikan tunai melalui ATM:

  1. Nasabah memilih menu Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu
  2. Nasabah memasukkan/memilih kode Bank 
  3. Nasabah memasukkan kode OTP, reference number, dan/atau nominal transaksi
  4. ATM mengeluarkan uang dengan nominal yang ditentukan

Rintis terus bertransformasi menjadi penyedia layanan solusi pembayaran digital dengan standar internasional baik untuk transaksi pembayaran domestik maupun internasional. Selain fitur Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu, Jaringan PRIMA juga menyediakan berbagai fitur untuk mempermudah masyarakat dalam bertransaksi seperti QRIS, layanan High Value Transfer (HVT), Transaksi Antarnegara (Cross-border), Payment Solution, Top Up Uang Elektronik, dan masih banyak lagi.

-selesai-

Tentang PT Rintis Sejahtera (Jaringan PRIMA)

PT Rintis Sejahtera (Rintis) sebagai pengelola Jaringan PRIMA (ATM/Debit/Pembayaran) berdiri pada tahun 1991 merupakan perusahaan yang dipercaya oleh Bank Indonesia untuk berperan sebagai salah satu lembaga switching penyelenggara Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Rintis terus bertransformasi menjadi penyedia layanan solusi pembayaran digital dengan standar internasional baik untuk transaksi pembayaran domestik maupun internasional. PT Rintis Sejahtera menghadirkan produk dan layanan ATM PRIMA, PRIMA Debit Domestik, QRIS, Cross Border, Cardless Cash Withdrawal (CCW), Cardless Cash Deposit (CCD), High Value Transfer (HVT), Payment Solution, Top Up uang elektronik & SaaS/IaaS. Melalui layanan ini, Jaringan PRIMA telah bekerja sama dengan 91 mitra bank dan lebih dari 213 biller yang mencakup lebih dari 90.000 ATM/CRM, 1.2 juta EDC/POS, dan 140 juta kartu ATM/Debit. Jaringan PRIMA juga memberikan solusi multi tenancy infrastructure sharing untuk terhubung dengan BI-Fast serta membuka keanggotaan untuk BPR. PT Rintis Sejahtera berkomitmen mewujudkan layanan berkualitas bagi mitra dengan implementasi development yang cepat dengan teknologi terstandarisasi, sistem keamanan transaksi, sistem operasional 24 jam, tenaga profesional, dan jangkauan transaksi se-Indonesia.
Untuk mengetahui detail acara lebih lanjut silakan hubungi tim Media and Communication Relations kami di 0819-3098-8718 (Cliff) dan di 0812-8643-0073 (Inri) atau kunjungi sosial media Jaringan PRIMA | Instagram: @jaringanprima | X:  @jaringanprima | atau email: cliff@rintis.co.id dan sinriyani@rintis.co.id
 
Company Address: Gedung Prima Sejahtera (GPS), Jl. Jalur Sutera Kav. 5A Tangerang, Banten 15144

berita lainnya

Kawan PRIMA, tahukah kamu bahwa phishing, salah satu bentuk penipuan siber yang paling umum, terus berkembang dan menjadi ancaman serius di Indonesia pada tahun 2025. Dengan teknik yang semakin canggih, pelaku phishing menargetkan individu dan bisnis melalui berbagai platform komunikasi digital. Selengkapnya.... ... Selengkapnya >
Tahukah Kawan PRIMA bahwa dari berbagai inisiatif yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dalam ekosistem pembayaran digital, ada satu fitur yang masih jarang dibahas namun punya manfaat besar, yaitu QRIS TUNTAS? ... Selengkapnya >
Hi Kawan PRIMA, sudah tahu dong bahwa tahun ini Bank Indonesia meluncurkan sistem pembayaran QR baru yang berbasis NFC yang sekarang umum dikenal dengan nama QRIS Tap. QRIS Tap sendiri merupakan singkatan dari QRIS Tanpa Pindai; sebuah sistem yang memudahkan Kawan PRIMA untuk melakukan pembayaran tanpa perlu scan, tinggal mendekatkan ponsel ke mesin, transaksi langsung berhasil! Lalu, apa bedanya dengan QRIS yang biasa dipakai? Yuk kita simak bersama-sama. ... Selengkapnya >