Deretan Pekerjaan Aneh di Dunia

16 February 2022

  • Share

Kawan PRIMA, perkembangan zaman telah banyak mengubah ragam aktivitas manusia. Mulai dari pola pikir, gaya hidup hingga cara mencari nafkah. Jenis-jenis profesi saat ini tidak lagi hanya terbatas pada Dokter, Pilot, Guru, PNS, Hakim, Jaksa hingga Jurnalis. Kini muncul beragam profesi yang mungkin sebelumnya dianggap aneh, namun tanpa disangka justru bisa menjadi sumber pemasukan baru.

 

1. Sleeper Profesional

Saat kebanyakan karyawan mendapat teguran keras dari atasan karena tertidur saat bekerja, siapa sangka di Finlandia, tidur menjadi profesi yang dibayar mahal. Salah satu hotel di Finlandia rela membayar sleeper profesional dengan harga Rp 16 juta per bulan. Tugasnya sangat sederhana, orang yang direkrut hanya perlu tidur di kamar hotel yang disediakan, lalu menceritakan pengalaman tidurnya. Pengalaman tidur dari para sleeper profesional tersebut akan menjadi bahan evaluasi pihak hotel dalam menguji kualitas pelayanan yang mereka tawarkan.

Selain pihak hotel, jasa sleeper profesional juga sering kali dibutuhkan oleh dokter dan peneliti.  “Tukang tidur profesional” ini diperlukan untuk mengumpulkan informasi mengenai kondisi seseorang ketika sedang tidur. Sebelum tertidur, biasanya dokter dan peneliti akan terlebih dulu memasang berbagai alat di tubuh mereka untuk mengecek kondisi detak jantung, aktivitas otak dan sebagainya.

 

2. Pelayat Profesional

Profesi sebagai pelayat profesional sudah populer di beberapa negara seperti, Tiongkok, Jepang, Mesir, India, Ghana, hingga Inggris. Di negara-negara tersebut, menangis saat prosesi pemakaman adalah ritual yang wajib dilakukan. Namun tidak jarang, ada anggota keluarga yang tidak bisa menangis. Agar tidak dicap sebagai orang yang tidak sopan, anggota keluarga tersebut akan menggunakan jasa pelayat profesional untuk menangis sejadi-jadinya saat prosesi pemakaman berlangsung. Orang yang melakoni pekerjaan ini akan memperoleh upah hingga 600 dolar atau kurang lebih Rp 8,4 juta sehari.

Syarat menjadi seorang pelayat profesional, tidak terlalu sulit. Kamu hanya dituntut mampu berakting untuk menangis hingga tersedu-sedu menunjukkan rasa empati kepada keluarga yang berkabung. Bagaimana Kawan PRIMA, Apakah kamu tertarik?

 

3. Pencicip Makanan Anjing

Pernahkah kamu membayangkan bahwa profesi pencicip makanan anjing atau dog food tester benar-benar ada di dunia? Yang mengejutkan profesi ini tidak dilakukan oleh hewan, melainkan manusia. Profesi pencicip makanan anjing ternyata cukup menjanjikan. Untuk posisi pemula, dog food tester bisa meraup sekitar Rp 375 juta per tahun. Sedangkan untuk tingkat profesional bisa mencapai sekitar Rp 937 juta per tahun. Sesuai namanya, mereka bertugas mencicipi setiap produk baru dari makanan anjing. Mereka umumnya juga dilengkapi dengan kemampuan menilai produk makanan anjing dari aromanya.

 

4. Line Sitter

Line Sitter adalah profesi yang menawarkan jasa antre di suatu tempat, seperti restoran, toko, dan lain sebagainya. Profesi ini biasa ditemui di negara-nega Eropa. Pekerjaan yang sepertinya sangat membosankan ini ternyata menghasilkan pemasukan yang cukup menggiurkan. Mereka umumnya mendapatkan upah hingga US$1.500 atau sekitar Rp 21 Juta hanya untuk sekali mengantre selama beberapa jam. Bayaran untuk pekerjaan ini biasanya disesuaikan dengan lamanya antrean hinga keadaan saat mengantre.

 

5. Manekin Hidup

Kawan PRIMA, manekin yang sering kita lihat di toko-toko pakaian umumnya berbentuk patung. Namun apa jadinya jika pakaian-pakaian yang terpajang di toko tersebut dikenakan oleh manekin hidup alias manusia? Profesi ini ternyata sudah ada di negara-negara maju. Manekin hidup  bertugas mengenakan barang atau pakaian yang akan dijual, persis seperti manekin pada umumnya. Pemilik toko beralasan karena manekin yang diperankan oleh manusia terlihat lebih nyata sehingga diharapkan bisa menarik pembeli. Namun, pekerjaan ini tidak bisa dilakukan sembarang orang, karena untuk menjadi Live Mannequin mensyaratkan beberapa kriteria tertentu. Gaji untuk pekerjaan ini terbilang fantastis, yakni senilai US$100 atau sekitar Rp 1,4 juta per jamnya.

 

Referensi:

Suara.com

Liputan6.com

Idntimes.com

Beautynesia.id

berita lainnya

BI secara resmi meningkatkan limit transaksi QRIS dari yang semula Rp 5 juta menjadi Rp 10 juta per transaksi. Kebijakan tersebut telah berlaku sejak 1 Maret 2022... Selengkapnya >
Tanggal 8 Maret diperingati sebagai International Women’s Day atau Hari Perempuan Sedunia. Jika kamu ingin tetap mendukungnya, kamu tetap bisa melakukan sesuatu dengan cara sederhana dari rumah.... Selengkapnya >
Tahukah Kawan PRIMA, dibalik khidmatnya perayaan Nyepi ini, ternyata ada beberapa fakta unik Nyepi yang mungkin belum banyak diketahui, yaitu :... Selengkapnya >